Daftar Blog Saya

Sabtu, 20 Oktober 2012

Suku Benalu

"Suku Benalu" Slank
Sifatnya benalu...
Suka omong madu!
Dia punya kepala suku...
Selalu ada mau!
Di asalnya nggak laku...
Maunya nebeng melulu!
Punya muka seribu...
Selalu uang dulu!
Di dekatnya bau...
Keras kayak batu!
Waktu ku lagi jatuh...
Cari mangsa baru!
Benalu-benalu...tidak punya malu!
Benalu-benalu...menjilat pantatku!
Benalu-benalu...tidak punya malu!
Benalu-benalu...menghisap darahku!
Benalu-benalu...tidak punya malu!
Benalu-benalu...menghasut temanku!
Benalu-benalu...tidak punya malu!
Benalu-benalu...kotori rumahku!
Benalu-benalu...tidak punya malu!
Benalu-benalu...enyah dari mukaku!
Who are you?!?

Benalu (Loranthus, suku Loranthaceae) adalah sekelompok tumbuhan parasit
Tumbuhan parasit adalah tumbuhan yang untuk kelangsungan hidupnya menggantungkan sebagian atau seluruh sumber energinya pada tumbuhan lain (disebut tumbuhan inang) dan mengakibatkan inangnya mengalami kekurangan energi.
Parasit fakultatif masih memiliki organ fotosintetik yang berfungsi secara normal sebagaimana tumbuhan bukan parasit. Contoh kelompok pertama ini misalnya mistletoe. Contoh kelompok kedua (parasit sejati) adalah tali putri (Cuscuta), benalu, dan padma dan juga rafflesia arnoldi.
Beberapa tumbuhan bersifat parasit hanya dalam sebagian tahap perkembangannya. Tumbuhan semacam ini diberi istilah hemiparasit ("setengah parasit"). Contohnya adalah cendana, penghasil kayu cendana.
Dalam pengertian ini tidak termasuk persaingan antarorganisme, maupun pemangsaan yang dilakukan oleh beberapa tumbuhan insektivora.
Obligat yang hidup dan tumbuh pada batang (dahan) pohon tumbuhan lain. Benalu dapat dijumpai dengan mudah pada pohon-pohon besar di daerah tropis. Biji tumbuhan ini pada buahnya menghasilkan getah seperti lem berbentuk jeli yang lengket.
Penyebaran tumbuhan ini terjadi dibantu oleh burung, apabila burung memakan buah dan bijinya lalu mengekskresikan pada dahan pohon, bijinya yang lengket akan menempel pada dahan pohon selanjutnya akan berkecambah dan benalu muda mulai tumbuh.

Benalu dalam kiasan

Benalu sering dikaitkan dengan orang yang senang menumpang kepentingannya kepada usaha orang lain tanpa mau berusaha sendiri. Hal ini mirip dengan ungkapan parasite atau hive di dalam bahasa Inggris.
Idiom Alah limau oleh benalu, dituju kepada orang yang merugikan atau menyusahkan hidup orang tempat dia menumpang.
Berikut ada sebuah kisah tentang dosa dan benalu yang mudah-mudahan ada hikmahnya.

Tidak ada komentar: