Daftar Blog Saya

Selasa, 25 September 2012

PESAN DALAM BOTOL

KUPU - KUPU ITU TAK BISA TERBANG TAPI SIMBOL PEMERSATU 

Kupu -kupu Slank memang tidak terbang, tapi ia ada dimana - man. Logo Kupu Kupu Slank itu pun mengalami metarfosa, perubahan bentuk dari bentuk yang kaku sampai bentuk yang fleksibel. Sama halnya dengan generasi manusia dari masa ke masa dari zaman ke zaman. Kita tau di Negara kita Indonesia mempuanyai banyak sekali suku,adat,agama dan golongan, tentu saja pemikiran setiap individu tidak ada yang sama, baik itu jati diri sampai gaya hidup seseorang dari apa yang mereka anut dari segi musik. Di Indonesia ada banyak sekali aliran musik, dari pop, rock, jazz, dangdut dkk yang lainnya. Apalagi kalau kita lihat dari musisi atau grup musik itu sendiri tentu jumlah ada ratusan ditanah air ini, sebanyak itu juga gaya hidup yang beda - beda dijadikan anutan bahkan jati diri setiap penggemarnya.

           Kupu Kupu itu, meskitelah mengalami perubahan bentuk, tapi sampai kini tetap tak bisa terbang. Tapi sekali lagi, popularitasnya melebihi popularitas anak-anak Slank, bahkan lagu-lagunya sekalipun. Tentu saja sangat mencengangkan. Karena Kupu Kupu sebagai symbol slank itu, kini menjadi jembatan bagi siapapun yang ingin memahami dan melihat Slank bukan lagi sekedar grup musik rock 'n roll, Slank pun tak sebatas 5 personelnya (bimbim,kaka,ivan,abdee dan ridho), dan slank bukan hanya lagu terlalu manis atau lagu ku tak bisa. Tapi hari ini , Slank adalah symbol pemersatu anak muda di Indonesia, Slank adalah " guru" yang mengajarkn peace, love, unity dan respect agar menjadi bagian kehidupan sehari-hari manusia di Indonesia, dan Slank adalah simbol perjuangan masyarakat Indonesia untuk menuju msyarakat yang adil dan makmur.
             
           Dan Kupu Kupu itu, mesti btak bisa terbang tapi, kini menjadi sebuah jembatan penting. Jembatan yang menghubungkan transformasi nilai, antara Slankdan masyarakat indonesia. Hemm.....benarkah??? Yang pasti logo Kupu Kupu Slank itu kini sudah cukup dewasa untuk menjadi symbol pemersatu bangsa. Paling tidak symbol pemersatu anak muda Indonesia.
  
Add caption
          Ok Guy's,,,itu tadi cuma basa-basi buat sedikit informasi tentang Slank. Untuk selengkapnya saya akan mengulas tentang Gaya hidup anak muda ala slank-nge'an dari Album ke Album-nya Slank. Kita semua tau, hampir semua kaset Slank dituliskan kepribadian Slank itu sendiri, 


"Slank" itu . . .
slenge'an,
seenak-enaknya,
apa adanya,
ada keranian,ada juga kemauan,
sedikit agak sembarangan,sedikit agak sembrono,
Tapi yang penting punya sikap....(walau masih belajar).

          



           Di atas adalah identitas Slank di album pertama (suit-suit he he,gadis sexi), itu bukti bahwa dari era dulu sampai sekarang anak muda atau bahasa dokternya masa puber, bahasa kerennya masa translet, menginginkan suata kebebasan yang bebas dalam menyalurkan inspirasi. Tapi sayang banyak anak muda sekarang yang salah mengartikan kebebasan berEkspresi, banyak yang menyalah gunakan arti dari kebebasan hidup. Mungkin dijaman sekarang ini negara kita negara demokrasi bebas apa aja, tapi jangan lupa kalo kita masih negara yang berkeTuhanan YME, alias punya agama. Kalo kita lihat di Albumnya Slank tahun 91 album "kampoengan" ada sebuah lagu yang menggambarkan begitu sulitnya mengekspresikan sebuah kebebasan dimasyarakat. "Kami butuh dikit kebebasan,kami butuh nafas yang panjang,tanpa telanjangi harga diri orang banyak bicara soal kenyataan",(reff).dari lagu tersebut bisa kita artikan anak muda siapa saja butuh ruang untuk meluapkan ide-idenya tanpa ada rasa pencekalan atau ke-sirikan, tapi kebebasan itu harus suatu hal yang positif dalam penerapan  dimasyarakat. Dengan kata lain jangan sampai kebebasan kita mengganggu orang lain, lebih-lebih membawa dampak negatif buat lingkungan kita.

        "Ada yang harus ku ungkapkan tentang mimpi-mimpiku,,bercerita soal kehidupan diatas Pulau Biru..pulau yang indah bagai sorga,,manusia bijaksana
Hidup penuh dengan kesenangan gak pernah salah paham
Bicara kita hanya cinta dan cinta,,satu cinta hilangkan naluri saling menghancurkan
Slamat di atas pulauku...
 Slamat datang di atas Pulau Biru...
Gak ada hakim dan terdakwa,,jauh dari kriminal
Gak ada penjajah dan yang dijajah
Segala soal slesai dengan  bicara




          Alangkah indahnya hidup ini jika benar-benar ada suatu komunitas masyarakat seperti lagu Slank diatas, tapi itu cuma lagu dari sebuah impian. Kita juga tidak boleh menyerah begitu saja untuk mewujudkan sebuah atmospher seperti lagu di atas, minimal kita harus mencoba menerapkan dilingkungan keluarga kita masing-masing. Seandainya seluruh keluarga di negara bersikap seperti lagu tersebut, bukan tidak mungkin rasa aman dan damai akan kita rasakan,amin.

 " Aku hanya bisa memberikan ini
    Aku hanya bisa memberikan ini untukmu.
   Terserah kamu mau terima atau tidak
   Aku hanya bisa, Aku hanya bilang
   Aku hanya bilang itu saja @that's all "

          Bila ada kesalahan atau ketersinggungan dalam pesan dalam botol saya ini, saya minta ma'af yang sebesar-besarnya. Terima kasih telah sempat mebaca pesan dalam botol ini, ane tunggu komennye...Salam PLUR !

* Achmad Irfan Adisulistyo *