Daftar Blog Saya

Jumat, 19 Oktober 2012

BALI BAGUS


    Terima kasih Baliku
    Untuk budaya dan alammu
    Terima kasih untuk
    Cantik gadismu
    Dan kerasnya arak balimu
            Saksikan sunset dipantai
            Hilangkan.. suntukku
            Mandi ditepi lautan
            Hapuskan.. sumpekku
Memandang gadismu menari     
Segarkan mataku     
Suasana malam di Kuta     
Redakan resah & marahku     
Sejenak lupakan sesakku            
Hadapi.. Egonya            
Hidup di kota Jakarta            
Yang penuh.. Aturan            
Bicara dan tampil seadanya                       
Yang ada larangan                       
Bergaul sesuka hatiku                       
Yang ada bisik dan gosipan                       
Terima kasih Baliku
Untuk budaya dan alammu
Terima kasih untuk
Cantik gadismu
Dan kerasnya
Mushroom Balimu


Objek Wisata & Tempat Tempat menarik Di Pulau Bali.
Sudah tidak disangsikan lagi bahwa Bali memiliki aneka ragam atraksi termasuk daerah wisata pantai, gunung, sawah bahkan desa dan penduduk dengan kebudayaan nya yang unik dan khas, tempat-tempat bersejarah dengan nuansa mistis yang kental dan tentu saja keindahan alamnya yang sangat menawan. Wisatawan asing sering memanggil Bali dengan sebutan The Land Of God atau tanahnya para Dewa.
Bukan panorama pemandangan saja yang mempunyai keindahan yang eksotis, bali juga terkenal akan kaya kebudayaan dan keseniannya. Mempunyai penduduk yang begitu ramah dan masih tradisional, nilai-nilai adat masih mereka junjung tinggi. Wah rugi ya kalau kita belum pernah kesana, sayang kalau belum kita nikmati semua keindahan yang ada di Pulau Dewata itu. Alkhamdulillah saya pernah tinggal disana meskipun tidak begitu lama, tapi itu belum memuaskan saya tentang keindahan Pulau Bali, mudah-mudahan saya dapat kesana lagi.
Bagi yang belum pernah kesana silahkan pelajari dulu sekilas tentang kebudayaan dan tempat wisata di Pulau Dewata dibawah ini :

Musik

Seperangkat gamelan Bali.
Musik tradisional Bali memiliki kesamaan dengan musik tradisional di banyak daerah lainnya di Indonesia, misalnya dalam penggunaan gamelan dan berbagai alat musik tabuh lainnya. Meskipun demikian, terdapat kekhasan dalam teknik memainkan dan gubahannya, misalnya dalam bentuk kecak, yaitu sebentuk nyanyian yang konon menirukan suara kera. Demikian pula beragam gamelan yang dimainkan pun memiliki keunikan, misalnya gamelan jegog, gamelan gong gede, gamelan gambang, gamelan selunding dan gamelan Semar Pegulingan. Ada pula musik Angklung dimainkan untuk upacara ngaben serta musik Bebonangan dimainkan dalam berbagai upacara lainnya.
Terdapat bentuk modern dari musik tradisional Bali, misalnya Gamelan Gong Kebyar yang merupakan musik tarian yang dikembangkan pada masa penjajahan Belanda serta Joged Bumbung yang mulai populer di Bali sejak era tahun 1950-an. Umumnya musik Bali merupakan kombinasi dari berbagai alat musik perkusi metal (metalofon), gong dan perkusi kayu (xilofon). Karena hubungan sosial, politik dan budaya, musik tradisional Bali atau permainan gamelan gaya Bali memberikan pengaruh atau saling memengaruhi daerah budaya di sekitarnya, misalnya pada musik tradisional masyarakat Banyuwangi serta musik tradisional masyarakat Lombo.

Tari

 






Seni tari Bali pada umumnya dapat dikatagorikan menjadi tiga kelompok, yaitu wali atau seni tari pertunjukan sakral, bebali atau seni tari pertunjukan untuk upacara dan juga untuk pengunjung dan balih-balihan atau seni tari untuk hiburan pengunjung.
Pakar seni tari Bali I Made Bandem pada awal tahun 1980-an pernah menggolongkan tari-tarian Bali tersebut; antara lain yang tergolong ke dalam wali misalnya Berutuk, Sang Hyang Dedari, Rejang dan Baris Gede, bebali antara lain ialah Gambuh, Topeng Pajegan dan Wayang Wong, sedangkan balih-balihan antara lain ialah Legong, Parwa, Arja, Prembon dan Joged serta berbagai koreografi tari modern lainnya.
Salah satu tarian yang sangat populer bagi para wisatawan ialah Tari Kecak dan Tari Pendet. Sekitar tahun 1930-an, Wayan Limbak bekerja sama dengan pelukis Jerman Walter Spies menciptakan tari Kecak berdasarkan tradisi Sang Hyang dan bagian-bagian kisah Ramayana. Wayan Limbak memopulerkan tari ini saat berkeliling dunia bersama rombongan penari Bali-nya.

Berikut ini adalah daftar beberapa tempat yang mungkin bisa anda kunjungi selama anda berada di pulau Bali:
Pantai Sanur
Ubud
Pantai Nusadua
Pantai Kuta
Jimbaran
Patung GWK
Uluwatu
Kintamani
Pura Besakih
Goa Gajah
Tanah Lot

Pantai Sanur

Pantai Sanur Bali

Obyek wisata ini terletak di Timur kota Denpasar. Di pantai Sanur dapat dinikmati pantai yang pasirnya hitam dan putih. Di pantai Sanur bisa dilakukan aktifitas watersport bagi penggemar olahraga air.
Pantai sanur juga terkenal sebagai tempat dimana kita bisa menikmati pemandangan matahari terbit di pulau Bali / Sunrise Beach.
Ubud
Ubud sangat terkenal dengan daerah seninya, karena merupakan tempat belajar menari, melukis, mematung kayu atau batu. Di lokasi ini banyak terdapat terdapat sanggar seni dimana wisatawan bisa ikut berlatih seperti memainkan instrumen khas Bali dan menari Bali. Ubud juga terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah dengan sawah-sawah yang bertingkat-tingkat atau dikenal dengan sebutan Subak.
Beberapa objek wisata yang ada di daerah Ubud antara lain; Goa Gajah, Gunung Kawi, Pura Kehen, Pemandian Tirta Empul, Dll.
Pantai Nusa Dua

Pantai Nusa Dua Bali

Obyek wisata Nusa Dua merupakan daerah primadona bagi wisatawan, dengan pantai pasir putihnya, hotel berbintang 5 berderet disepanjang pantai ini. Pantai nusa dua merupakan terusan dari pantai sanur, atraksi watersport juga bisa dilakukan di sini.
Pantai Kuta

Pantai Kuta Bali

Pantai Kuta memiliki ombak yang sangat disukai oleh para surfer. Kuta tidak pernah sepi pada malam harinya, live music, karaoke dll, toko dan artshop berderet disepanjang jalan di Kuta, kebanyakan menjual pernak-pernik surfing ataupun barang-barang kerajinan. Hotel berbintang juga ada disini, yang paling terkenal; Hard Rock Beach Club.

Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran Bali

Mengunjungi pantai Jimbaran sebaiknya di malam hari. Pada malam hari kafe-kafe yang berjejer dipinggir pantai ini ramai dengan aktifitasnya. Disini juga bisa menyantap makanan khas laut yang langsung ditangkap nelayan, karena di sini juga terdapat pusat pelelangan ikan.
Patung GWK (Garuda Wisnu Kencana)

Patung GWK Bali

Proyek milyaran rupiah ini bisa dijumpai di Ungasan, di atas bukit Jimbaran. Patung Garuda Kencana dibuat oleh seniman asli Bali Nyoman Nuarta, dengan misi menjadikannya keajaiban dunia ke 8 dan ke 2 di Indonesia. Salah satu pertunjukan yang bisa disaksikan di sini adalah Kecak.

Pura Luhur Uluwatu

Pura luhur uluwatu Bali

Pura ini berdiri di ujung karang paling selatan pulau Bali. Pemandangannya Indah dengan samudra lautan dan sunset dari ujung tebingnya. Di Pura Luhur Uluwatu juga dilaksanakan tarian kecak setiap malam. Kombiasi sunset dan tarian kecak menjadi suguhan tontonan yang tak terlupakan.
Batubulan
Batubulan merupakan tempat pertunjukan Barong. Terdapat sekitar 5 tempat pementasan baring di daerah Batubulan.
Pasar Sukawati
Ini adalah pasar tradisional yang menjajakan aneka kerajinan dan souvenir. Pasar tradisional ini terletak di Kabupaten Gianyar dan sangat terkenal di Bali maupun luar Bali. Barang-barang yang dijual berupa baju kemeja, T-shirt, sarung pantai yang disablon dengan gambar seni Bali, lukisan, dan barang kerajinan tangan.
Kintamani

Pemandangan danau batur dari Kintamani Bali

Obyek wisata dengan pemandangan yang indah, danau Batur di Penelokan dan pemandangan gunung Batur. Berada di Kintamani seperti berada di atas gunung dengan pemandangan ke bawah berupa danau Batur. Di sekitarnya terdapat rumah-rumah makan tempat anda menikmati makanan sambil melihat pemandangan.

Pura Besakih
Pura Besakih merupakan Pura Hindu terbesar di pulau Bali. Pura ini dibangun dengan sangat megah untuk bersembahyang melakukan pemujaan Dewa Brahma Wisnu Siwa. Pura ini juga sering dijadikan pintu masuk bagi pendakian Gunung Agung oleh wisatawan.
Sayangnya, Pura besakih yang megah, indah dan anggun dipenuhi oleh orang-orang yang mengaku sebagai tour guide dengan meminta uang se-enaknya. Banyak turis lokal dan asing yang kecewa dengan pelayanan dan keamanan di pura ini.

Goa Gajah

Goa Gajahi Bali

Goa ini dahulunya merupakan tempat petapaan. Di luar area Goa terdapat patung Ganeca dan permandian penduduk desa berupa pancuran yang masih digunakan sampai sekarang.
Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot Bali

Pura Tanah Lot merupakan pura paling terkenal di Bali dan sepertinya sudah menjadi ikon pulau Bali. Keunikan pura ini adalah letaknya yang ditengah laut, sehingga apabila laut sedang pasang anda tidak akan bisa mendekat, tetapi apabila air laut sedang surut anda bisa menyebrang dan melihat salah satu keunikanya yaitu pura ini ini dijaga oleh 2 ular berwarna hitam dan putih yang tiap hari kelihatan didampingi oleh pemangkunya.
Pura Taman Ayun
Ciri khas Pura Taman Ayun dikelilingi oleh kolam yang digunakan untuk mengitari pura oleh dayang-dayang dengan perahu kecil. Namun sekarang dipakai untuk kolam pemancingan.
Candi Dasa
Pantai berpasir putih ini mulai terkenal sebagai alternatif dari pantai Kuta yang sudah dirasa terlalu ramai dan kotor. Candi Dasa terletak di sebelah timur pulau Bali.
Celuk
Merupakan pusat kerajinan emas dan perak di pulau Bali. Di sini anda bisa melihat proses pembuatan kerajinan perak dan temtu saja dapat membelinya langsung.

Semuanya indah kan? makanya buruan rame-rame ke Pulau Bali agar bisa nyanyiin lagunya slank tepat pada tempatnya. Sekian dulu wawasan tentang alam indonesia, mudah-mudahan saya dapat menambah informasi lagi tentang tempat wisata yang lain.

Tidak ada komentar: