Daftar Blog Saya

Selasa, 16 Oktober 2012

Good Morning Papua

Good morning Papua 2x
Pukulkan Tiva kita bernyanyi-nyanyi bersama
Good morning Papua 2x
Bangun papua ayo bangun Papua dengan damai
Selamat pagi mutiara hitam
Banyak cerita kisah hitammu
Nasibmu tak semanis kulitmu so
Good morning Papua 2x
Cukup hanya kulit hitammu
(back to intro &* )
Keluh kesah sejarah hitammu
Jangan sampai masa depanmu
Segelap warna-warna kulitmu so
Good morning papua 2x
Cukup hanya kulit hitammu                     "Good morning Papua" Slank

            Papua merupakan pulau paling timur dari Indonesia, dibalik jauh keberadaannya, Papua menyimpan sejuta pesona yang bisa mambuat mata terkagum-kagum melihat kecantikan pulau ini. Mari mengenal lebih jauh tentang Papua.
           Papua memang unik dan mengesankan, alam dengan pantainya yang cantik, suku yang beragam dan masih sangat kental ini memang perlu dijaga. Selain itu agar semakin banyak investor asing yang mau melirik Papua dibidang pariwisata dan kebudayaan.
          Lihat saja ukiran yang asli dibuat dari kayu Papua ini terlihat sulit dan hasilnya menawan, batik dengan motif tifa dan burung cendrawasih serta warna yang mencolok beda dengan batik di tanah Jawa. Limbah yang dimanfaatkan untuk kerajinan topeng pun ada. Iya, semua itu menjadi ciri khas dari Papua.Jadi, mari kita jaga alam dan budaya yang telah ada, jangan jadikan Papua yang 'seram' direbut oleh negara lain, karena Papua masih merupakan bagian dari Indonesia. 
         Salah satu tempat yang sangat terkenal di pulau papua yaitu Raja Ampat. Raja Ampat adalah kepulauan di papua barat yang amat indah, keindahan kepulauan ini terkenal hingga ke seluruh dunia dengan keindahan pantai, laut, kehidupan bawah laut, iklim tropis dan dipadu keindahan pepohonan yang rimbun dan masih asri.       
        Teriknya matahari dan cerahnya udara justru membuat gemas para tamu untuk kembali menyelam dan menyelam. Cahaya matahari kerap menembus celah-celah gelombang laut sampai ke karang. Keelokan pemandangan dan biota lautnya memang membuat kesan mendalam bagi para wisatawan. Bagi pencinta wisata pesisir dan bawah air yang fanatik, Raja Ampat sangat dikenal bahkan dinilai terbaik di dunia untuk kualitas terumbu karangnya.
Banyak fotografer bawah laut internasional mengabadikan pesona laut Raja Ampat. Bahkan ada yang datang berulang kali dan membuat buku khusus tentang keindahan terumbu karang dan biota laut kawasan ini.
        Raja Ampat adalah pecahan Kabupaten Sorong, sejak 2003. Kabupaten berpenduduk 31.000 jiwa ini memiliki 610 pulau (hanya 35 pulau yang dihuni) dengan luas wilayah sekitar 46.000 km2, namun hanya 6.000 km2 berupa daratan, 40.000 km2 lagi lautan. Pulau-pulau yang belum terjamah dan lautnya yang masih asri membuat wisatawan langsung terpikat. Mereka seakan ingin menjelajahi seluruh perairan di “Kepala Burung” Pulau Papua.
Wilayah ini sempat menjadi incaran para pemburu ikan karang dengan cara mengebom dan menebar racun sianida. Namun, masih banyak penduduk yang berupaya melindungi kawasan itu sehingga kekayaan lautnya bisa diselamatkan. Terumbu karang di laut Raja Ampat dinilai terlengkap di dunia. Dari 537 jenis karang dunia, 75 persennya berada di perairan ini. Ditemukan pula 1.104 jenis ikan, 669 jenis moluska (hewan lunak), dan 537 jenis hewan karang. Luar biasa.
         Selain kelautan dan perikanan, Raja Ampat memiliki kekayaan sumber daya alam, antara lain minyak bumi dan nikel. Di dasar lautnya juga banyak terdapat kapal-kapal karam bekas Perang Dunia II yang diperkirakan memuat “harta karun” bernilai tinggi. Namun, jika salah kelola, kegiatan eksploitasi semua itu dikhawatirkan mengancam kelestarian dan keindahan alam lautnya.
         Keindahan raja ampat memang sangat dikenal hingga ke penjeluru dunia, namun ternyata Raja Ampat tidak hanya terkenal dengan keindahan alam dan wisata baharinya saja, namun juga sangat terkenal dengan beberapa fauna unik yang hidup di wilayah tersebut. Salah satunya adalah spesis kupu-kupu batik yang merupakan kupu-kupu unik yang banyak terdapat di wilayah Pulau Walo, Kampung Selpele Distrik Waigeo Barat Kabupaten Raja Ampat . Banyak wisatawan yang datang ke pulau ini untuk melihat keindahannya, Bahkan  Untuk mencapai lokasi pulau Walo dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 4 jam dari Waisai,Ibu kota Kabupaten Raja Ampat.
         Keunikan spesis kupu-kupu bercorak batik ini hidup didaerah pesisir pantai pulau walo dengan bebas, dan para pelancong dapat melihat dari dekat ekosistem dari spesis kupu-kupu batik tersebut dengan leluasa dimana spesis kupu-kupu batik ini hidup dengan bebas di setiap pepohonan dan rumah-rumah warga yang ada di pulau walo yang terkenal dengan pulau marga Daat tersebut. Spesis kupu-kupu yang bermotif batik ini sudah ada sejak pulau mereka dibuka sebagai pulau khusus marga Daat, dimana para turis yang akan berkunjung ke pulau Wayag sebelumnya menyinggahi pulau Walo untuk beristirahat sejenak sambil menikmati indahnya spesis kupu-kupu motif batik yang biasanya keluar pada siang dan sore hingga malam hari.
        Saya bangga sekali menjadi bangsa indonesia yang penuh dengan keindahan alam yang begitu banyak. Demi anak cucu kita supaya bisa menikmati keindahan alam ini, mari kita sama-sama menjaga dan merawat alam indonesia tercinta.

Tidak ada komentar: