Daftar Blog Saya

Minggu, 14 Oktober 2012

Jangan Takut Pada Kesalahan


Lo harus grak
Lo harus grak
Oh temanku lo harus grak

Lo harus grak
Lo harus grak
Oh temanku lo harus grak

Jika Tuhan mengizinkan pasti menang

Ayo maju ayo maju
Oh temanku ayo maju
Jangan takut, jangan mundur
Oh temanku ayo maju
Kalau Tuhan mengizinkan pasti menang
Kalau Tuhan mengizinkan
Bisa menang bisa kalah
Oh temanku jangan ragu
Paling tidak kita coba
Oh temanku ayo maju
Andai Tuhan mengizinkan pasti menang
"Lo Harus Grak" Slank

        Judul yang aneh tapi memiliki banyak arti untuk direnungkan. Seringkali manusia takut akan melakukan kesalahan baik itu kecil maupun kesalahan besar. Takut karna akan ketahuan orang lain atau takut karnena dosa / karma yang kita akan alami dilain waktu.  Lantas apa makna dari kata-kata diatas ' Jangan Takut Pada Kesalahan"??? Makna yang bersifat tidak lain adalah mengajarkan kita sebagai manusia untuk belajar dan memahami kesalahan atas apa yang telah kita perbuat.
       Pembahasan disini adalah untuk orang-orang yang masih mencari identitas dirinya. Mereka masih bingung akan jati dirinya sebagai manusia  dan bagaimana bisa berguna untuk orang lain dan sekitarnya. Pencarian identitas diri oleh sebagian orang memang suatu hal yang begitu penting untuk digali oleh orang itu sendiri. Makin orang itu menggali lebih dalam identitas diri yang dimilikinya, maka semakin banyak pula pelajaran atau makna hidup yang bisa didapat. Kebanyakan memang harus melalui berbagai hal baik ataupun tidak baik / tercela. Banyak sekali potret dikehidupan kita yang semacam ini.
            Ada sebagian orang yang mencarian jati dirinya lewat   hal-hal yang berbau tidak baik, misalkan pencuri, perampok, mabuk-mabukan, balapan liar, tukang bokep, korupsi dan lain sebagainya. Mereka-mereka masih ber proses untuk menuju manusia yang berguna, hanya saja jalan yang mereka pilih berbeda dengan sebagian orang yang memilih jalan baik untuk kehidupannya. Mereka merasa dengan melalakukan hal semacam itu akan merasa puas dan berhak memiliki apapun di sekelilingnya atau bahkan menyalahgunakan hak-hak yang dimiliknya. Memang benar untuk saat ini orang orang seperti itu menang dengan keadaan seperti itu, tetapi ingat manusia mempunyai titik kejenuhan yang berbeda. Sebagai kodrat manusia yang diciptakan Allah SWT , manusia diberikan titik kejenuhan dimana manusia tersebut akan merasakan kebosanan untuk melakukan atau mencoba hal seperti yang dulu mereka lakukan. Manusia setelah mengalami massa kejenuhan yang luar biasa pada hidupnya tidak lain akan berhenti dan ber taubat dari hal hal kesalahan yang mereka lakukan dulunya.
             Dari kesalahan yang dilakukan di masa lalunya, orang-orang seperti ini bisa belajar dan mendapatkan makna hidup dari proses yang dilaluinya. Dengan ber proses itu secara tidak langsung akan mendapatkan semacam pencerahan entah dari mana asalnya. Sehingga endingnya orang yang selalu berbuat kesalahan ini bisa berhenti melakukan kesalahan dan mencoba menata hidupnya lebih baik untuk bisa berguna dalam dirinya sendiri atau orang lain.
          Kebayang kan, dari judul diatas bisa ditarik makna tersirat dari apa apa yang ada dalam penjelasan di atas. Jangan takut untuk berbuat kesalahan , tidak semua kesalahan berakibat fatal dan menghancurkan hidup anda pada saat itu juga. Sang pencipta Allah SWT  tidak akan memberikan musibah dari masalah apa yang disebabkan manusia yang diciptakannya melebihi kemampuan manusia itu melewatinya / menyelesaikannya. Bukan berarti pula untuk menjadi orang yang baik dan berguna untuk orang lain harus di dahului dengan hal-hal yang berbau hal-hal tidak baik . Ada kalanya kondisi diatas tidak sesuai dengan manusianya sendiri. Jadi pintar-pintarlah membaca identitas diri anda saat ini.
            Perlu di garis bawahi untuk guy's semuanya, tidak ada manusia yang bisa lepas dari kesalahan. Sang Pencipta sudah mendesain kita sebagai manusia untuk mendapatkan dan menyelesaikan masalah yang di hadapi dalam hidup kita. Jadi saya rasa benar-benar saja kalau berbicara judul yang dibuat di artikel ini. Tidak ada manusia di dunia ini yang bisa lepas dari kesalahan dan masalah dalam hudupnya, imposible kalau ada manusia di jagat ini yang merasa benar dan tidak pernah melakukan kesalahan sedikit pun.
           Sekarang logika  berpikir anda masing-masing kita balik, bagaimana kalian bisa mendapatkan pelajaran dari suatu permasalahan yang terjadi jika kalian sendiri tidak pernah melakukan kesalahan dalam hidup. Maka jangan sekali-sekali pula men cemooh orang yang melakukan kesalahan itu, mungkin saja mereka dalam ber proses menuju kebaikan. Bisa jadi seperti itu juga, tetapi perlu dilihat juga karakteristik dari masing-masing orang tersebut. Kalau kamu rasa orang ini hanya mempermainkan kamu untuk mengambil sesuatu yang kamu milik, cobalah untuk melawan orang-orang seperti ini dengan segala daya dan upaya. Karena apa? Orang-orang seperti ini tidak tahu berterimah kasih / bersyukur kepada Sang Pencipta Nya, orang-orang yang hanya bisa mempermainkan oran lain hanya bisa menjadi orang yang berguna mulai hidup sampai matinya. Karena mereka tidak mau ber proses mencari jati dirinya, dan mengambil makna atau pelajaran yang ada dari sisi lain kehidupannya. Entah kapan orang seperti ini akan mengerti ?
"Ada dua cara untuk mencapai sukses hidupmu yaitu kenali diri sendiri dan mengambil inisiatif dan membuat komitmen untuk berubah ke jalan yang baik"

ayo maju..
biar lambat-biar lambat tapi sampai
ayo bangun..
biar males-biar males tapi ngepas

ayo gerak..
biar pelan-biar pelan tapi jalan
ayo2 kejar..
biar telat tapi gak ketinggalan

alon-alon asal kelakon 2x

biar nyebrang..
biar dayung-biar dayung tapi langsung
ayo manjat..
biar berat-biar berat tapi manjat
ayo naik..
biar ngrayap-biar ngrayap tapi nanjak
ayo langkah..
biar ndorong-biar ndorong tapi kedepan

alon2 asal kelakon yang penting selamat 4 x

"alon2 asal kelakon"Slank

Tidak ada komentar: